Kamis, 04 November 2010

Kecerdasan Emosi (EQ)

1. Apa itu Kecerdasan Emosi ?
        
   penemu kecerdasan emosi atau emotional Quotient(EQ) adalah DANIEL GOLEMAN. kecerdasan emosi memiliki beberapa arti :

a. Sebagai kemampuan untuk memotivasi diri sendiri dan bertahan dalam menghadapi rasa frustasi, mengendalikan dorongan hati, dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan menjaga agar tidak stres dan tidak melumpuhkan kemampuan berfikir, berempati dan berdo'a (sukidi,2002).

b. Kecerdasan Emosional adalah kemampuan lebih yang dimiliki seseorang dalam memotivasi diri, ketahan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Dengan kecerdasan emosional tersebut seseorang dapat menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasan dan mengatur suasana hati (Goleman)

c. Kecerdasan emosi menuntut diri untuk belajar mengakui dan menghargai perasaan diri sendiri dan orang lain dan untuk menanggapinya dengan tepat, menerapkan dengan efektif energi emosional dalam kehidupan dan pekerjaan sehari-hari. tiga unsur penting  kecerdasan emosi adalah kecakapan pribadi (mengelola diri sendiri), kecakapan sosial(menangani suatu hubungan), dan keterampilan sosial (kepandaian menggali tanggapan yang dikehendaki pada orang lain). 

"(bimbingan dan konseling oleh esis)"



0 komentar:

Posting Komentar